Pj Bupati Lantik Pengurus Seniman Batobo Kampar Periode 2022-2026

BANGKINANG KOTA Kamparsatu.com, – Bersamaan dengan peringatan hari ulang tahun pertama Persatuan Seniman Batobo Kabupaten Kampar, Penjabat Bupati Kampar Dr H Kamsol melantik dan mengukuhkan pengurus Persatuan Seniman Batobo Kabupaten Kampar periode 2022 - 2026 di Lapangan Pelajar, Bangkinang, Kabupaten Kampar, Rabu (19/10/2022) malam.

Selain dihadiri Pj Bupati Kampar, kegiatan ini juga dihadiri juga oleh Staf Ahli Gubernur Riau Yurnalis Basri, S.Sos, M.Si, Kapolres Kampar yang diwakili oleh Kabag Operasi Polres Kampar Kompol Maitertika, Asisten III Setdakab Kampar Drs H Azwan, M.Si, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar, Ir Zulia Dharma, Ketua Dewan Kesenian Kampar (DKK) David Hendra, S.Pi dan Kepala Sekolah SMA Negeri 1dan Camat Bangkinang Kota, Minda, S.H.

Acara pelantikan pengurus Seniman Batobo Kampar dirangkai dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang Festival Lagu Ocu yang telah berlangsung meriah selama dua hari.

Hadiah diserahkan oleh Pj Bupati Kampar bersama Staf Ahli Gubernur Riau dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar. Para pemenang mendapat kejutan karena Pj Bupati Kampar menambahkan hadiah Rp 1 juta untuk setiap pemenang Festival Lagu Ocu.

Ultah Seniman Batobo Kampar juga diwarnai pemotongan nasi lomak, makanan khas Kabupaten Kampar dan penampilan Sanggar Teater Batobo, dengan judul "Susah Sonang di Ghaso Basamo" (Susah Senang Dirasakan Bersama)" yang disutradarai oleh Hazir Albi.

Pj Bupati Kampar H Kamsol mengapresiasi kegiatan yang ditaja para seniman Kampar. "Ini apresiasi yang luar biasa, inikan tumbuh dari bawah. Karena yang tumbuh dari bawah ini biasanya akan tumbuh dan berkembang, kami sangat apresiasi atas nama pemerintahan daerah," ujar Kamsol. 

Ia berharap ragam seni budaya dari berbagai suku di Kampar menjadi satu dan para seniman yang bergabung di Seniman Batobo Kabupaten Kampar ini menjadi suatu icon untuk memajukan seni budaya yang ada di Kabupaten Kampar ini. 

"Karena kita melihat dari Festival Lagu Ocu yang menjadi ciri khas yang ada di daerah kita dan tidak ada di daerah lainnya. Kedua, kita melihat dari seni drama, tadi ada berbagai macam suku bersatu dalam kesatuan seni dan budaya kita di Kabupaten Kampar ini, semoga ini langkah awal kita untuk maju dan melestarikan kesenian yang ada di negeri Kampar tercinta kita ini," ulas Kamsol.

Ia menambahkan, pemerintah memberikan ruang dan waktu bagi masyarakat yang menjaga kesenian dan budaya yang menjadi identitas daerah Kampar. 

Kepada para seniman Kamsol berpesan agar menjaga kekompakan, jangan pantang menyerah dengan situasi dan keadaan. "Pemerintah akan melihat peluang apa yang bisa kami lakukan nanti, akan kami bantu melihat kemampuan dan kondisi yang ada di daerah kita ini," ungkap Pj Bupati Kampar.

Sementara itu, Ketua Seniman Batobo Kampar, Alistiono (Ocu Basege) mengaku sangat terharu dengan kedatangan dan apa yang disampaikan Pj Bupati Kampar. "Karena saya selaku ketua dan segenap keluarga Seniman Batobo Kabupaten Kampar tidak menyangka acara kita bisa semegah dan sesukses ini. Karena dibantu oleh semua rekan-rekan Seniman Batobo Kabupaten Kampar dengan maksimal tenaganya, baik suka maupun duka beberapa hari yang lalu menjelang diselenggarakan acara HUT sekaligus pengukuhan pengurus Seniman Batobo Kampar kita hadapi bersama. Itulah kesuksesan yang kita dapatkan pada malam ini, karena kebersamaan kita," ungkap Alistiono.

Ia juga menyampaikan apresiasi yang setingggi-tingginya kepada Pj Bupati Kampar H Kamsol atas perhatian dan dukungannya terhadap Persatuan Seniman Batobo Kampar. "Karena dari sekian banyak bupati yang memimpin Kabupaten Kampar, baru kali ini kami dari kalangan seniman merasakan pemimpin yang sebenarnya, merakyat baik hati. Kami menunggu Bapak Pj Bupati nanti menjadi Bupati Kampar. Karena kami seniman tidak mau dimasa kepemimpinannya terlalu cepat berlalu," ulas Alistiono.

Atas nama Seniman Batobo Kampar juga berterima kasih kepada Pj Bupati Kampar yang telah memberikan sekretariat untuk Seniman Batobo Kabupaten Kampar. "Harapan kami untuk kedepannya ingin dipandang, bukan dipandang sebelah mata oleh Pemda Kabupaten Kampar. Berikanlah kami kesempatan meraih bintang. Seperti apa yang kami sampaikan tadi, beri kami kesempatan untuk menjadi tuan rumah. Ketika ada iven-iven di Kabupaten Kampar mohon diutamakan dulu Seniman Batobo Kabupaten Kampar," ulasnya.

Alistiono mengajak seluruh seniman di Kabupaten Kampar agar bergabung dengan Persatuan Seniman Batobo Kabupaten Kampar. "Jangan ada lagi tumbang tindih, karena yang ada di Kabupaten Kampar ini adalah Seniman Kabupaten Kampar. Jadi di sini tidak memandang suku ataupun agama, yang penting kita itu adalah sama untuk mencapai seni budaya Kabupaten Kampar yang baik dan sejahtera," pungkasnya.(Yan)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Kamparsatu.com - Fakta dan Berita Akurat