Sembilan Desa Persiapan Diresmikan Pj. Bupati Kampar, Ini Nama-nama Pj. Kades yang Dilantik

BANGKINANG KOTA, kamparsatu.com - Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya sembilan desa baru di Kabupaten Kampar diresmikan oleh 
Penjabat Bupati Kampar Dr H Kamsol pada hari ini, Selasa (15/11/2022) di aula kantor Bupati Kampar.

Bersamaan dengan itu, Kamsol juga 
memimpin pengambilan sumpah dan melantik sembilan orang penjabat (Pj) kepala desa persiapan dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) masing-masing desa tersebut.

Peresmian dan pengambilan sumpah serta pelantikan Pj Kades dan pelantikan BPD sembilan desa ini berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2017 tentang Penataan Desa. 

Kegiatan ini mengangkat tema “Dengan Persemian Desa Persiapan, Kita Mewujudkan Pemekaran Desa, Menuju Desa Definitif yang Maju, Mandiri dan Sejahtera di Kabupaten Kampar".

Berdasarkan Surat Gubernur Riau Nomor 410/ DPMDDUKCAPIL/4217 Tanggal 30 September 2022, sembilan desa pemekaran baru dan (Pj) kades yang dilantik oleh Pj Bupati Kampar yaitu Pj. Kepala Desa Persiapan Kasang Kulim Kecamatan Siak Hulu, H Safkanedi, Pj. Kepala Desa Persiapan Pontianak Damai Kecamatan Kampar Roni Sabara, Pj. Kepala Desa Persiapan Tanjung Kudu Kecamatan Tambang Amiruddin, Pj. Kepala Desa Persiapan Sungai Genduang Jaya Kecamatan Perhentian Raja Muslim, Pj. Kepala Desa Persiapan Kubuo Panjang Kecamatan Koto Kampar Hulu Gussandri, Pj. Kepala Desa Persiapan Desa Jawi Jawi Kecamatan Kampa Burhanudin, Pj. Kepala Desa Persiapan Karya Baru Kecamatan Kampar Kiri Tengah Driyanto, Pj. Kepala Desa Tanjung Jaya Kecamatan Koto Kampar Hulu Rusli Munir dan Pj. Kepala Desa Persiapan Pulau Belimbing, Kecamatan Kuok Herman Danor. 

Dalam sambutannya, Pj Bupati Kampar H Kamsol mengatakan, surat Gubernur Riau tersebut menjadi dasar bagi Pj Bupati untuk mengangkat Pj kades persiapan yang berasal dari unsur Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar.

“Saya sampaikan kepada seluruh kepala desa induk dan penjabat kepala desa persiapan yang baru dilantik agar dapat saling berkoordinasi dan bekerjasama dengan baik sesuai dengan wewenang dan tugasnya masing-masing, terutama dalam rangka memberikan dukungan bantuan anggaran operasional bagi desa persiapan yang bersumber dari APBDes desa induk," ujar Kamsol.

Ia menambahkan, pembentukan susunan organisasi tata kerja pemerintah desa persiapan disesuaikan dengan kemampuan keuangan desa induk, penyiapan fasilitas sarana dan prasarana. 

“Saya berharap bersama sembilan desa persiapan ini dapat menjadi desa definitif nantinya di Kabupaten Kampar. Paling lama dalam jangka tiga tahun terhitung sejak dibentuknya desa persiapan sesuai perundang-undangan yang berlaku," katanya. 

Dengan adanya peresmian desa persiapan ini mempermudah pelayanaan masyarakat, serta tercapainya pemerataan pembangunan.

“Saya juga berpesan kepada Pj Kepala desa yang baru dilantik, laksanakanlah tugas dan fungsi saudara dengan sungguh-sungguh, dan penuh rasa tanggung-jawab, mengingat tuntutan serta harapan masyarakat desa saat ini," pungkasnya.(Ril/Yan)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Kamparsatu.com - Fakta dan Berita Akurat