Tour de Muara Takus akan Lewati Jalan Nasional dan Provinsi, Ini Imbauan Kapolres Kampar

foto ilustrasi

BANGKINANG KOTA, kamparsatu.com - Iven Tour de Muara Takus yang akan diikuti ratusan pesepeda dan panitia akan melintasi ruas Jalan Nasional Riau-Sumbar dan Jalan Provinsi dari Kelurahan Batubersurat-Muara Takus, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten sepanjang 125 kilometer pada Sabtu (12/11/2022) besok.

Konsekuensi penyelenggaraan iven yang akan diikuti pesepeda dari utusan 20an provinsi dan termasuk pesepeda manca negara tersebut akan membuat arus lalu lintas tidak akan normal.

Kapolres Kampar AKBP Didik Priyo Sambodo, SIK dan Kasat Lantas Polres Kampar AKP Rudi Sudaryono, SIK, MM
ketika ditanya bagaimana mekanisme pengaturan arus lalu lintas selama penyelenggaraan Tour de Muara Takus kepada KAMPARSATU.COM, Kamis (10/11/2022) mengungkapkan, secara kewenangan, pengaturan arus lalu lintas selama penyelenggaraan iven ini adalah berada pada Polda Riau. Namun demikian ia menyampaikan beberapa imbauan kepada masyarakat, terutama masyarakat Kabupaten Kampar agar memperhatikan beberapa hal agar tidak ada kejadian yang tidak diharapkan di jalan raya selama pelaksanaan iven tersebut.

"Akan dilakukan buka tutup, dan saat-saat tertentu akan ada penutupan serta pengalihan arus. Kita juga membuat himbauan kepada masyakat untuk menunda bepergian," ujar Didik. 

Dari jadwal yang telah disusun panitia, para pesepeda akan finish di Candi Muara Takus pada pukul 13.00 WIB. Kemudian para peserta akan pulang ke Pekanbaru dan daerah masing-masing dengan kendaraan yang sudah disiapkan.

Seperti diberitakan, Tour de Muara Takus akan melintasi ruas jalan dari lokasi start di depan Mapolda Riau di Pekanbaru hingga ke Candi Muara Takus di Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar sepanjang 125 kilometer.

Sekira 400an pesepeda, baik hobbies maupun peserta perlombaan Tour de Muara Takus akan dilepas di depan Mapolda Riau pada pukul 06.00 WIB pada Sabtu (12/11/2022). Peserta akan berhenti di tiga titik pemberhentian (Pit Stop) sebelum finish di Candi Muara Takus sekira pukul 13.00 WIB.

Race terdiri dari 4 Etape. Etape 1 – Startdi  Mapolda menuju Pit Stop 1 di Istana Kesultanan Kampa dengan jarak tempuh 45 kilometer dengan prediksi waktu 120 menit, dari pukul 06 – 08.00 WIB. 

Kemudian Etape 2 dari Pit Stop 1 di Istana Kesultanan Kampa menuju Pit Stop 2 Rumah Dinas Bupati Kampar di Bangkinang dengan jarak 20km dan waktu tempuh 40 menit.


Selanjutnya Etape 3 dari Pit Stop 2 Rumah Dinas Bupati Kampar menuju  Pit Stop 3 Dermaga Gulamo atau Jembatan I PLTA Koto Panjang, Kecamatan XIII Koto Kampar (41km) dengan waktu lebih kurang 3 Jam, atau dari pukul 09.00- 12.00 WIB.


Terakhir  Etape 4 dari Pit Stop  3 Dermaga Gulamo menuju Candi Muara Takus (19km) dalam waktu 1 Jam atau finish pada pukul 13.00 WIB.(Yan)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Kamparsatu.com - Fakta dan Berita Akurat