Syaiful Sanggam Hadirkan Duta Baca Nasional Dalam Diskusi Literasi di TBM Batimang, Begini Keseruannya

Gol A Gong saat memberikan hadiah buku kepada Syaiful Sanggam, Kadispersip Kampar Hj Nurhasani dan Ketua FTBM Kampar Zafri

GANTING, kamparsatu.com - Wartawan senior, anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kampar Syaifullah, S.Hum atau akrab disapa Syaiful Sanggam kembali menggelar sebuah iven.

Iven ini adalah dalam bentuk Diskusi Literasi yang mengangkat tema "Literasi dalam Jebakan Teknologi" yang digelar di samping Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Batimang yang berada di  halaman rumahnya di Desa Ganting, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar, Jum'at (2/12/2022). 

TBM Batimang sendiri didirikan oleh Syaiful Sanggam beberapa waktu lalu. 

Adapun narasumber sebagai pemantik pada kegiatan diskusi Literasi tidak tanggung-tanggung. Kegiatan ini dihadiri oleh Duta Baca Indonesia Heri Hendrayana Harris atau lebih dikenal dengan nama pena Gol A Gong. Beliau merupakan sastrawan pendiri Rumah Dunia di Serang, Banten. Gol A Gong pernah menjabat sebagai Ketua Umum Forum Taman Bacaan Masyarakat Indonesia periode 2015-2020. 
Ia mampir di Kabupaten Kampar setelah menghadiri pertemuan para seniman di Padangpanjang beberapa hari lalu bersama beberapa koleganya.

Selain itu ikut hadir meramaikan diskusi Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Kampar Hj Nurhasani bersama sejumlah kepala bidang, staf dan pustakawan.  Kemudian hadir juga Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Provinsi Riau Sutriyono, Ketua FTBM Kabupaten Kampar Zafri, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kampar Akhir Yani, Kepala Bidang Promosi Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar David Hendra, sejumlah kepala desa dan perwakilan desa dan undangan lainnya. 

Diskusi dipandu oleh Ketua Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kabupaten Kampar Ado Jondri Putra. 

Gol A Gong dalam kesempatan ini menyampaikan, ia ditunjuk menjadi Duta Baca Indonesia sejak 30 April 2021. 

Sebagai Duta Baca Indonesia ia telah berkeliling ke berbagai daerah mengampanyekan literasi. Berupaya bagaimana minat baca masyarakat meningkat. 

Kepada peserta diskusi ia menyampaikan peluang daerah mendapatkan kegiatan dari pemerintah pusat untuk menyelenggarakan kegiatan literasi.  Ia mempersilakan Kampar rebutan mendaftar ke Perpustakan Nasional  untuk membuat kegiatan berkaitan literasi. 

Gol A Gong juga membuka diri dan bersedia untuk membina peserta kegiatan yang benar-benar punya minat menjadi penulis.

Berkaitan tema diskusi, kepada peserta dikusi dan kaum milenial penulis Balada si  Roy itu menyarankan agar mampu beradaptasi dengan perubahan dan teknologi agar tidak terjebak dengan teknologi. Teknologi hendaknya jangan menjajah masyarakat tetapi masyarakat bisa memanfaatkan teknologi.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Kampar Hj Nurhasani menyampaikan rasa syukurnya karena saat ini Dinas Perpustakaan dan Arsip telah punya inovasi. Diantaranya Gerakan Literasi Kampar Maju dan Gerbangku (Gerakan Menyumbang Buku). 
Untuk menambah koleksi buku di Perpustakaan Kabupaten Kampar, pihaknya juga sudah menyurati seluruh organisasi perangkat daerah (OPD). "Alhamdulillah sudah terkumpul 2.000 buku," beber Nurhasani. Selain itu Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Kampar juga memiliki Gglerakan Literasi Sekolah (Gelis).

Disamping itu, ia terus  mengkampanyekan Satu Desa Satu Pustaka. Disebutkan, dari 242 desa di Kabupaten Kampar, baru  71 desa dan 18 kecamatan yang memiliki perpustakaan. Ia bangga dengan perkembangan TBM yang jumlahnya sudah cukup banyak. "Sebagai aparat, kita malu dengan TBM  Syaiful Sanggam ini  dengan mandiri, pribadi Syaiful Sanggam bisa, kita aparat tak bisa, malu kita," beber mantan Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Kampar itu. 

Lebih lanjut Nurhasani mengatakan, tingkat gemar membaca (TGM) Kabupaten Kampar masih tertinggi di Riau. 
Pemkab Kampar juga pantas bersyukur karena pemerintah pusat melalui Perpustakaan Nasional telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan Pojok Baca Digital. Saat ini Pojok Baca Digital masih dalam proses penyelesaian pembangunannya di pojok  Taman Kota Bangkinang 

Sementara itu Ketua TBM Batimang Syaiful Sanggam mengaku merasa bersyukur atas terlaksananya Diskusi Literasi ini. Ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut mensukseskan dan menghadiri kegiatan ini. Terlebih khusus kepada Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Provinsi Riau Sutriyono yang memiliki andil mendatangkan Gol A Gong ke TBM Batimang. Ia berharap ini akan memompa semangat semua pihak mengembangkan literasi di Kabupaten Kampar.(Yan)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Kamparsatu.com - Fakta dan Berita Akurat