Tindaklanjut Lomba Desa Anti Korupsi, KPK RI akan Gelar Bimtek di Desa Pulau Gadang


Foto: Perwakilan Pemkab Kampar dan Pemdes Pulau Gadang Ikuti Zoom meeting dengan KPK RI di kantor Bupati Kampar

BANGKINANG KOTA, KamparSatu.com  - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia (RI)  akan menggelar bimbingan teknis (Bimtek) di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar Juli 2023 mendatang. 

Bimtek ini sebagai tindaklanjut pelaksanaan Lomba Desa Anti Korupsi dimana Desa Pulau Gadang termasuk diantara 20-an desa yang masuk nominasi peraih penghargaan pada Lomba  Desa Anti Korupsi yang diselenggarakan oleh KPK RI.  
Sebagai bentuk persiapan Bimtek,  Pemerintah Kabupaten Kampar dan Pemerintah Desa Pulau Gadang mengikuti zoom meeting dengan perwakilan KPK RI  pada Senin (8/5/2023) di ruang rapat lantai dua kantor Bupati Kampar.

Rapat ini juga diikuti oleh 20-an desa dari berbagai provinsi di Indonesia yang masuk nominasi dalam Lomba Desa Anti Korupsi yang diselenggarakan oleh KPK RI.

Dari Pemkab Kampar turut hadir dalam zoom meeting ini Kepala Inspektorat Kabupaten Kampar Febrinaldi Tridarmawan dan para Inspektur Pembantu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lukmansyah Badoe dan Kepala Bidang Pemdes Zamhur, Kepala Dinas Kominfo dan Persandian yang diwakili Kepala Bidang E-Govermant Yafrizal Agusmar, Kepala Desa Pulau Gadang Syofian Datuk Majo Sati dan Ketua BPD Desa Pulau Gadang Akhir Yani.

Perwakilan KPK RI Rino Haruno dalam zoom meeting yang diikuti oleh sejumlah perwakilan pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten maupun pemerintah desa dari berbagai wilayah di Indonesia itu dalam penyampaian materinya menyampaikan beberapa tahapan dalam Lomba Desa Anti Korupsi, termasuk persiapan dan alur jadwal pelaksanaan bimbingan teknis (Bimtek) yang akan digelar di 20an desa di Indonesia yang masuk nominasi Desa Anti Korupsi.

Rino mengatakan, ada empat tahapan dalam penilaian Lomba Desa Anti Korupsi. Tahapan pertama adalah tahapan observasi kesiapan desa dalam memenuhi persyaratan dalam mengikuti lomba.

Kemudian tahapan kedua adalah bimbingan teknis pembinaan dan penyampaian materi dari KPK dan Kemendes PDTT dalam rangka pemenuhan indikator desa anti korupsi.


Tahap ketiga adalah tahap penilaian. Ditahapan ini merupakan ajang pembuktian pemenuhan syarat yang dipenuhi oleh desa-desa yang masuk nominasi lomba.

Sedangkan tahapan terakhir adalah
awarding atau pemberian penghargaan kepada desa yang meraih juara lomba.

Rino menambahkan, lomba ini digelar dengan harapan agar Program Desa Anti Korupsi bisa mencegah terjadinya korupsi di pemerintahan desa.

"Penting sekali notulensi dana desa agar dana desa tidak digunakan untuk kades dan aparatur desa. Banyak sekali terjadi proses pembelian barang dan jasa kurang lengkap prosedurnya,"

Sementara itu Kepala Inspektorat Kabupaten Kampar Fabrinaldi Tridarmawan dalam pengarahannya di hadapan peserta zoom meeting di ruang rapat kantor Bupati Kampar mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kampar bangga dengan Desa Pulau Gadang yang terpilih mewakili Provinsi Riau dalam mengikuti Lomba Desa Anti Korupsi yang diselenggarakan oleh KPK RI. Pemkab Kampar kata Fabrinaldi juga
siap mendukung perjuangan Pemdes Pulau Gadang untuk menjadi juara pada lomba ini.

Pada kesempatan ini Fabrinaldi juga menyampaikan beberapa saran terkait pelaksanaan Bimtek oleh KPK RI di Desa Pulau Gadang yang dijadwalkan pada
26 Juli mendatang. Ia berharap Pemdes Pulau Gadang berusaha memenuhi beberapa indikator penilaian dalam lomba ini.

Ia berjanji akan mengkomunikasikan dengan Penjabat Bupati Kampar dan Pemprov Riau agar mereka hadir pada pelaksanaan Bimtek Oleh KPK RI DI Desa Pulau Gadang, termasuk juga dari beberapa pihak terkait. "Penandatanganan komitmen kalau bisa hadir dari provinsi sampai ninik mamak dan komponen lain seperti pemuda, tokoh masyarakat dan lainnya," tegasnya.

Ia juga berharap Desa Pulau Gadang dipilih sebagai tempat dilaunchingnya Desa Anti Korupsi tingkat nasional.

Lebih lanjut dikatakan, Kampar sudah memiliki Tim Percepatan Anti Korupsi.
"Mudah-mudahan kabupaten lain belajar di Kampar. Tugas kita selanjutnya adalah membina desa lainnya. Kita akan menetapkan satu desa anti korupsi di tingkat kecamatan.
Sambil persiapan untuk penilaian di tingkat nasional Kampar juga melaksanakan persiapan program satu desa di setiap kecamatan," ulasnya.


Sementara itu Kepala Desa Pulau Gadang Syofian Datuk Majo Sati menyampaikan, Pemdes Pulau Gadang telah mempersiapkan berbagai hal dalam mengikuti lomba bergengsi yang diselenggarakan oleh KPK RI ini. Pemdes Pulau Gadang juga telah merencanakan tempat pelaksanaan Bimtek yang akan digelar di Balai Desa di dalam lingkungan Taman Edukasi dan Budaya.

Berbagai pihak telah diajak berkomunikasi agar Desa Pulau Gadang menambah ń∑oleksi prestasi yang telah mampu ditorehkan dalam beberapa waktu terakhir.(Yan)
 

0 Komentar

© Copyright 2022 - Kamparsatu.com - Fakta dan Berita Akurat