Polres Kampar Launching Polisi RW

BANGKINANG KOTA, kamparsatu.com - Sebagai wujud Binmas Prediktif dan bentuk integralitas semua fungsi Harkamtibmas dalam mengemban tugas sebagai pengemban fungsi Polmas pada komunitas RW, Kabahaharkam Polri melaunching program Polisi RW. 
Launching Polisi RW di Kabupaten Kampar  digelar di Lapangan Pelajar, Bangkinang, Rabu (14/6/2023).

Launching diawali dengan apel bersama secara virtual yang dipimpin oleh Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal di kantor Gubernur Riau.
 Sementara itu di Lapangan Pelajar Bangkinang kegiatan Launching Polisi RW dihadiri Karorena Polda Riau Kombes Pol Novi Irawan, Penjabat (Pj) Bupati Kampar Muhammad Firdaus, Ketua DPRD Kampar Muhammad Faisal, Kapolres Kampar AKPB Didik Priosambodo, Ketua Lembaga Adat Kampar (LAK) H Yusri dan Forkopimda Kampar yang secara bersama-sama menekan tombol sirine pertanda launching Polisi RW. Kemudian dilanjutkan pembukaan selubung papan nama, pelepasan balon ke udara serta pelepasan burung merpati. 

Kegiatan dilanjutkan dengan pemasangan ban lengan Polisi RW, penekanan tombol sirine dan pembukaan selubung papan nama Launching Polisi RW.

Sebanyak 521 anggota Polres Kampar dari unsur Bhabinkamtibmas termasuk para perwira yang memiliki jabatan ditugaskan sebagai Polisi RW membantu para RW di Kabupaten Kampar yang berjumlah sebanyak 2.098 RW. 

Dalam sambutannya Karorena Polda Riau Kombes Pol Novi Irawan menyampaikan, semua anggota Polri dari semua fungsi melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pembina kamtibmas ditingkat RW atau wilayahnya untuk mendegarkan keluhan masyarakat dan problem solving.

“Melalui program Kabaharkam Polri yang dikuatkan dengan program Kapolri sebagaimana dimaksud dalam Perpol Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pemolisian Masyarakat. Untuk melaksanakan program Kapolri sebagaimana tersebut diatas. Polda Riau dan Polres Jajaran telah membentuk pemolisian masyarakat di wilayah hukumnya masing-masing,” cakap Novi Irawan. 

Ia menambahkan, dengan adanya Polisi RW ini Polri merealisasikan kemitraan dengan masyarakat guna mendeteksi secara dini permasalahan yang ada di masyarakat, menganalisa bersama masyarakat dan mencari solusi permasalahannya dalam waktu yang cepat sehingga masyarakat merasa dilayani dan dilindungi dan berpengaruh pada peningkatkan kepercayaan masyarakat kepada kepolisian.

Selesai kegiatan launching, Karorena Polda Riau membagikan buku saku kepada seluruh Polisi RW, meninjau kegiatan donor darah dan UMKM mikro dalam rangka rangkai menyambut Hari Bhayangkara ke-77.


Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus menyampaikan apresiasi atas terobosan atau program yang dilakukan Polri khususnya pada program Polisi RW yang melibatkan ribuan RW di Kabupaten Kampar. 

"Semoga dengan keberadaan Polisi RW di setiap desa atau RW, kedepan dapat lebih membantu RW dalam pencegahan gangguan Kamtibmas di setiap desa.

Ia berharap tercipta kerjasama yang baik antara Polisi RW dengan masyarakat setempat. "Sehingga apa yang kita buat dan laksanakan berguna bagi masyarakat, sehingga Kampar aman, nyaman dan tentram," pungkas Firdaus.(Yan)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Kamparsatu.com - Fakta dan Berita Akurat