Melalui Teleconference Pj Bupati Kampar Ikuti Verifikasi Menuju Penghargaan Kota Sehat

BANGKINANG KOTA, kamparsatu.com -  Penjabat Bupati Kampar, Muhammad Firdaus, SE,MM, Ikuti Verifikasi Menuju Penghargaan Kota Sehat Melalui Teleconference bersama tim Verifikator pusat, di Jakarta usai mengikuti Rakor dengan Kemendagri Senin (17/7) yang juga diikuti ketua Forum KKS Kampar drg. Yusi Prastiningsih, MM.

Penjabat Bupati kampar pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kampar merupakan Kota Serambi Mekah, artinya kebersihan adalah bagian dari iman yang seharusnya diimplementasikan di Kabupaten Kampar yang memilikii 21 Kecamatan dan 250 desa/kelurahan, dengan luas 207,68 ha.

Dalam pengolahan sampah sendiri, kampar saat ini telah melaksanakan di wilayah Perkotaan dalam pengurangan sampah 0,3%, penanganan sampah 4,9%, sampah tidak terkelola 15,7%. sementara wilayah pedesaan pengurangan sampah 0,0%, Penanganan sampah 4,7% dan sampah tidak terkelola 74,4% dengan total 100% 

Selanjutnya, terkait dengan penilaian terhadap 9 tatanan dan 150 Indikator oleh tim verifikator pusat, pada kesempatan tersebut secra singkat Pj Bupati kampar menjelaskan langsung kepada tim verifikasi pusat dan provinsi bahwa dari 9 tatanan target kita semua 72%.

Diakui dalam tatanan, hanya sedikit yang belum tercapai,  yakni tatanan Kebersihan masyarajat sehat mandiri dengan taget 72% baru tercapai 66%, Pemukiman dan pasilitas umum 58,62%, Satuan Pendidikan sebesar 66%, Pasar rakyat sehat sebesar 52,18%, Pariwisata sebesar 50%, Transportasi dan tertib lalu lintas jalan 64%, Perkantoran dan perindustrian 53,57%, Perlindungan sosial 95,58%, serta Pencegahan dan Penanganan bencana tercapai sebesar 54% 

Sebagai bentuk Komitmen lain, Pemkab Kampar terkait Kabupaten/Kota Sehat ini telah menitipkan anggaran di Dinkes Kampar, sementara untuk memenuhi tatanan sudah dianggarakan disetiap OPD tahun 2022 sebesar lebih kurang Rp 82,107 milyar, dan tahun 2023 Rp 75,313 miliar.

Terkait dengan hasil asesmen sementara verifikasi lanjutan KKS kabupaten kampar, kami berkomit akan memenuhi segala  lekurangan baik dari hasil asesmen maupun hasil verifikasi lanjutan hari ini. 

Dari segi administrasi dan dokumentasi, untuk semua kegiatan tertuang  pada RPJMD dan mempunyai pengalokasian anggaran untuk memenuhi tatanan kuususnya tahun 2024.

Terakhir, dalam dengan kekurangan sedikit tersebut. Pj menekankan kepada tim agar melengkapi secepat mungkin mulai dari siang ini.

Hal senada juga disampaikan ketua Forum KKS Kampar drg. Yusi Prastiningsih,MM, selaku ketua Forum bersama tim dalam dua hari kedepam semua dokumen yang kurang akan segera dilengkapi. Guna mendongkak nilai tatanan yang masih dibawah target.

Sementara itu Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM., MARS yang membuka secara resmi kegiatam tersebut, menyampaikan apresiasi seluruh Bupati/Walikota dan komponen masyarakat dalam penyelenggraan KKS.

Dalam hasil verikafikasi, terus berikan dokumen yang baik, serta penjelaskan dengan baik sesuai dengan data yang falid, dan berapa hasilnya agar dapat diterima lapang dada.

Sementara itu drg. Yusi Prastiningsih,MM, selaku ketua Forum, memberikan tanggapan bahwa bersama tim dalam dua hari kedepan semua dokumen yang kurang akan segera dilengkapi.(Mid)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Kamparsatu.com - Fakta dan Berita Akurat