Mendukung Peningkatan Literasi dan Numerasi Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 5 Tahun 2023

 

kamparsatu.com - Program Kampus Mengajar merupakan salah satu program yang memberi dampak langsung terhadap pendidikan di Indonesia khususnya untuk jenjang sekolah dasar. Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menggunakan hak belajarnya di luar program studi dan di luar perguruan tinggi asal dengan terlibat sebagai mitra guru di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

SDN 007 Pulau Gadang terletak di Jl Poros Dusun II Koto Panjang Pulau Gadang Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar Provinsi Riau merupakan salah satu sekolah sasaran dari Program Kampus Mengajar Angkatan 5. Sekolah ini berjarak 32 km atau sekitar 52 menit dari pusat ibu kota Kabupaten Kampar. SDN 007 Pulau Gadang berdiri sejak tahun 1983 dengan sekolah yang senantiasa mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan adaptasi teknologi serta perkembangan SDM.

SDN 007 Pulau Gadang adalah sekolah yang memiliki akreditasi B yang memiliki 9 Guru dan 2 tenaga pendidik dengan jumlah keseluruhan 11 orang yang terdiri dari 7 perempuan dan 4 laki-laki serta memiliki jumlah keseluruhan sebanyak 88 siswa. Di sekolah terdapat 1 lapangan utama tepat di depan bangunan kelas dan 1 lapangan bulu tangkis tepat di sebelah kanan bangunan perpustakaan SDN 007 Pulau Gadang. Lapangan utama biasa digunakan pada kegiatan rutin upacara, senam dan acara besar lainnya. Sedangkan kegiatan muhadhoroh dilakukan di koridor sekolah. Jumlah seluruh ruang kelas ada 6 dengan kondisi ruang kelas yang cukup layak dan nyaman dengan hiasan setiap dinding dengan karya siswa di setiap ruang kelasnya dan setiap kelas sudah memiliki pojok baca yang bisa menambah motivasi siswa pada literasi. SDN 007 Pulau Gadang dikelilingi oleh pepohonan yang membuat teduh dan terasa asri. Di depan kelas IV mahasiswa membuat kebun sayur yang ditanam bersama-sama oleh siswa kelas IV.

Bangunan di SDN 007 memiliki ruang majelis guru, ruang kepala sekolah, 6 ruang kelas, gudang, dan perpustakaan serta terdapat ruang UKS didalamnya. Kondisi bangunan ini sangat baik dan sangat layak untuk digunakan sesuai fungsinya. Namun ruangan perpustakaan dan UKS didalamnya sempat tidak aktif karena covid 19. Tetapi kini sudah aktif kembali dimana sudah mahasiswa disusun sesuai kategori buku bacaan dan mahasiswa juga melukis dinding perpustakaan dengan tujuan menambah motivasi siswa dalam meningkatkan dalam literasi dan numerasi. 

Siswa SDN 007 Pulau Gadang memiliki semangat belajar yang sangat tinggi, mereka sangat suka disajikan hal yang baru. Minat dan partisipasi mereka dalam belajar dapat dikatakan sangat baik sehingga sangat disayangkan jika tidak diimbangi dengan kualitas pendidik yang memadai. 

Pelaksanaan pretest AKM di SDN 007 Pulau Gadang dilaksanakan pada tanggal 8 Maret-11 Maret 2023 dan diikuti oleh seluruh siswa kelas V. Jumlah siswa kelas V ada 10 orang. Nilai pretest AKM kelas yang diperoleh siswa di bidang literasi yaitu dengan interval 10-60 dengan rata-rata 30 poin. Sedangkan untuk numerasi dengan interval 5-35 dengan rata-rata 18 poin.  Pelaksanaan posttest AKM kelas di SDN 007 Pulau Gadang dimulai pada tanggal 20 Mei 2023. Untuk posttest AKM kelas hanya diikuti oleh 9 orang siswa karena salah satu siswa kelas V pindah sekolah. Dan nilai yang diperoleh di bidang literasi yaitu interval 5-70 dengan rata-rata 40 poin. Sedangkan untuk numerasi dengan interval 10-80 dengan rata-rata 38 poin.

Oleh: Yuni Wulandari
(Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

0 Komentar

© Copyright 2022 - Kamparsatu.com - Fakta dan Berita Akurat