Mendukung Peningkatan Literasi Numerasi Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 5 Tahun 2023



kamparsatu.com - Kampus Mengajar merupakan bagian kegiatan pembelajaran dan pengajaran di satuan pendidikan dasar dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas. Kampus Mengajar bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan beragam keahlian dan keterampilan dengan menjadi mitra guru dan sekolah dalam pengembangan model pembelajaran, juga menumbuhkan kreativitas serta inovasi dalam pembelajaran sehingga berdampak pada penguatan pembelajaran literasi dan numerasi di sekolah.

Keikutsertaan mahasiswa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai pada Angkatan 5 disambut baik oleh seluruh sekolah penempatan. Penempatan tidak hanya di desa-desa wilayah Kabupaten saja tetapi juga beberapa sekolah di Pekanbaru, salah satunya SDN 129 Kota Pekanbaru.  Berdasarkan hasil observasi sekolah, mahasiswa mendapati bahwa: kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013 untuk kelas 2, 3, 5, dan 6 serta kurikulum merdeka untuk kelas 1 dan 4; Metode pembelajaran yang digunakan guru berupa metodde ceramah, diskusi, demonstrasi, model dan teman sebaya; Media dan sumber pembelajaran yang digunakan yaitu buku paket, LKS, visual, audio visual, peta, globe, dan media serbaneka; Pembeajaran literasi dan numerasi dilaksanakan pada saat pembelajaran di kelas; Gerakan literasi sekolah (GLS) pada pagi hari sebelum masuk kelas; Kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi sudah cukup bagus contohnya penggunaan proyektor infokus pada saat pembelajaran. Kebutuhan prioritas sekolah antara lain: peningkatan literasi, peningkatan numerasi, proses adaptasi lingkungan literasi dan numerasi menggunakan teknologi di dalam dan di luar kelas, membantu dan mengolah administrasi perpustakaan sekolah.

Hasil rancangan kerja kampus mengajar di SDN 195 Pekanbaru setelah melaksanakan forum komunikasi dan koordinasi sekolah (FKKS) adalah sebagai berikut: pretest AKM kelas, pembiasaan budaya literasi dan numerasi, pembelajaran literasi dan numerasi yang kreatif dan inovatif, mengelola perpustakaan sekolah, program pesantren kilat pada saat bulan ramadhan, melatih siswa membaca pada bulan ramadhan bagi siswa yang belum pandai membaca, pengadaan pojok baca, pengadaan tangga numerasi, adaptasi teknologi, posttest AKM kelas. Mitra yang terlibat dalam penugasan program kampus mengajar yaitu: Dinas pendidikan, balai penjaminan mutu pendidikan, koordinator perguruan tinggi, dosen pembimbing lapangan, kepala sekolah, guru pamong, guru mata pelajaran, dan wali kelas.

AKM atau Assesment Competency Minimum adalah bentuk penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi kepada masyarakat. Konsep dari AKM adalah Assesmen kompetensi minimum, survey karakter, dan survey lingkungan belajar. Pretest AKM literasi mahasiswa dilaksanakan pada Senin, 6 Maret 2023, dan pretest AKM numerasi mahasiswa laksanakan pada Rabu, 8 Maret 2023, jumlah siswa yang mengkuti test sebanyak 17 orang. Media yang mahasiswa gunakan untuk melaksanakan pretest chromebook milik sekolah. Pretest AKM mahasiswa laksanakan di kelas 5 SDN 195 Pekanbaru yaitu dengan cara membagi siswa menjadi 3 shift dan setiap shift dikuti oleh 6 orang peserta pada masing-masing tes literasi dan numerasi dengan durasi waktu 120 menit. 


Posttest AKM literasi mahasiswa laksanakan pada hari selasa tanggal 23 Mei 2023, dan posstest AKM numerasi mahasiswa laksanakan pada hari rabu tanggal 24 Mei 2023. Jumlah siswa yang mengikuti tes ini sebanyak 17 orang. Media yang mahasiswa gunakan untuk melaksanakan posttest adalah chromebook milik sekolah. Possttest AKM mahasiswa laksanakan di kelas 5 SDN 195 Pekanbaru yaitu dengan cara membagi siswa menjadi 3 shift dan setiap shift diikuti oleh 5 orang peserta pada masing-masing test literasi dan numerasi dengan durasi waktu 120 menit. Dikarenakan ada 5 orang siswa yang tidak hadir pada saat test berlangsung, maka mahasiswa mengadakan posttest AKM literasi dan numerasi susulan pada pekan selanjutnya yaitu pada hari Rabu tanggal 31 Mei 2023.

Pada kegiatan literasi, siswa perlu berlatih pada bentuk soal tentang menyimpulkan perasaan sifat tokoh dan elemen intrinsik seperti latar cerita dan kejadiaan-kejadian dalam cerita. Siswa sudah sangat memahami informasi tersurat (siapa, kapan, dimana, mengapa, dan bagaimana) pada teks fiksi. Pada kegiatan numerasi, siswa perlu berlatih pada penyelesaian persamaan sederhana menggunakan operasi, menghitung dan membandingkan dua pecahan. Siswa sudah sangat memahami bilangan cacah dan menghitung keliling juga luas persegi panjang.

Oleh : Sumayyah Azzahro
(Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika
Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Kamparsatu.com - Fakta dan Berita Akurat