Ketua TP PKK Kabupaten Kampar Resmikan Rumah Diabetes dan Lepas Mahasiswa KKN UP Tuanku Tambusai di Desa Pantai Cermin


 
PANTAI CERMIN, kamparsatu.com - Setelah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) selama 1 (satu) bulan penuh di Desa Pantai Cermin Kecamatan Tapung, 11 orang mahasiswa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Bangkinang Kota akhiri masa KKN nya dengan memberikan hasil bhaktinya berupa peresmian Rumah Diabetes Desa Pantai Cermin, Selasa (5/9).

Pelepasan Mahasiswa KKN dari Desa Pantai Cermin dan Peresmian Rumah Diabetes ini secara langsung diresmikan oleh Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Kampar drg. Yusi Firdaus, MM didampingi oleh Plt. Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar Poppy Rahmadini, SKm, M. Kes, Nila Kusumawati selaku Dosen Pembimbing di Lapangan dan Kepala Desa Pantai Cermin Mukliis, S.Sos.

Berikan pengarahan pada acara ini Yusi mengatakan apresiasi atas apa yang telah diupayakan oleh para mahasiswa UP Tuanku Tambusai Bangkinang Kota ini, mengingat Indonesia telah berada diurutan pertama di Asean untuk kasus Diabetes.

"Diabetes merupakan suatu kondisi medis yang ditandai oleh tingginya kadar gula (glukosa) dalam darah dan penyakit ini dapat dikategorikan penyakit yang sulit disembuhkan yang diakibatkan dari gaya hidup dan pola makan yang tidak seimbang" demikian dipaparkan Yusi. Dan berpesan kepada para mahasiswa agar tetap melanjutkan upaya-upaya dalam mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga pola hidup sehat kepada masyarakat.

"Dengan adanya Rumah Diabetes ditengah-tengah masyarakat, nantinya kita sama-sama berharap masyarakat dapat selalu melakukan konseling tentang cara perubahan  hidup kegaya hidup yang lebih sehat. Karena menjaga pola hidup sehat mampu menciptakan hidup yang berkualitas  " kata Yusi menambahkan.

Yusi juga menekankan jangan hanya berhenti diperesmian Rumah Diabetes saja, upaya dalam mengatasi peningkatan Diabetes ini, tetapi harus selalu berkelanjutan. Dan dengan diresmikannya Rumah Diabetes ini dan telah juga ditunjuk Duta Diabetes di Desa Pantai Cermin diharapkan benar-benar mampu menjadikan kondisi Desa menjadi Desa yang benar-benar bebas dari diabetes.

Seperti yang dilansir dari lapangan, dalam acara ini Yusi juga menyerahkan secara simbolis Sertifikat Duta Diabetes kepada 10 orang warga yang telah dipercaya menjadi Duta Diabetes dan juga ikut menyaksikan penandatanganan MOU tentang komitmen mengentaskan Diabetes di Kabupaten Kampar oleh UP Tuanku Tambusai Bangkinang Kota bersama para pihak.

Selanjutnya menutup acara Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Kampar berkenan lakukan pengguntingan pita sebagai tanda diresmikannya Rumah Diabetes di Desa Pantai Cermin dan mulai bertugasnya para Duta Diabetes. (Ril)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Kamparsatu.com - Fakta dan Berita Akurat