Peringatan Hari Batik Nasional, Kampar Siap Lestarikan Batik Sebagai Warisan Leluhur Indonesia


 

Pekanbaru, kamparsatu.com - Peringati Hari Batik Nasional Tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Kampar atas nama Pj. Bupati Kampar yang diwakilkan kepada Pj. Sekda Kampar Ramlah, SE, MSi hadiri gelar Hari Batik Yang ditaja oleh Puan Aspekraf Provinsi Riau yang diketuai oleh Iriana Juwita yang bertempat di Grand Elite Hotel Pekanbaru yang sekaligus rayakan Aniversary Rumah Batik Kampar Muara Takus Hj. Lasvita Siahaan (Oma Lasvita) yang ke 4 Tahun, Senin (2/10).

Pada peringatan Hari Batik Nasional kali ini juga dilakukan Zoom dengan Menteri Pariwisata RI Sandiaga Uno, dengan juga menghadirkan perwakilan dari Rumah Sandi Uno Indonesia Cabang Provinsi Riau. Beri sambutan dan ucapan selamat atas digelarnya acara ini bung Sandi sapaan akrab beliau katakan untuk tidak takut memakai batik, dan batik dapat dipakai dengan bentuk serta corak yang modern.

Tampak menghadiri acara ini Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Kampar drg. Yusi Firdaus, Istri Firkopimda Kabupaten Kampar MM beserta 8 orang istri pimpinan OPD di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kampr, 6 Orang istri Camat di Kabupaten Kampar, 1 orang Camat dan Ketua GOW Kabupaten Kampar Rani Repol yang juga berkenan melakukan fashion show untuk memperagakan dan mempromosikan Batik Kampar, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rahmad, S.STP, MSi, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau Yoserizal Zen, Kepala Dinas Perindagkop Ekraf Provinsi Riau  Taufik Usman Hamid dan GM. Hotel Grand Elite Pekanbaru Hj. Lusiyanti yang juga sebagai sponsor terlaksana kegiatan ini.

Tak hanya dari Kabupaten Kampar saja, acara ini juga dihadiri oleh owner dan desainer dari rumah-rumah batik yang ada di Provinsi Riau dan sama halnya dengan Kampar, tiap daerah miliki batik khasnya masing-masing dan siap diperagakan serta dipromosikan pada acara ini oleh para modelnya.

"Batik merupakan jati diri bangsa Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO bahwa batik adalah milik Indonesia yang merupakan warisan lelihur Indonesia dan telah diakui sejak 14 tahun lalu" demikian disampaikan Pj. Sekda disela-sela mengikuti rangkaian acara. 

" Indonesia pantas berbangga atas hal ini, dan khusus Kabupaten Kampar kita juga jarus merasa bangga karena memiliki batik sendiri yang dinamai Batik Kampar yang juga telah diakui keberadaan dan produksinya oleh daerah lain. Dan Pemerintah Kabupaten Kampar siap ikut mengembangkan Batik Kampar melalui Dinas terkait" kata Ramlah menambahkan.

Pada Peringatan Hari Batik Nasional Tahun 2023 di Privinsi Riau ini, Rumah Sandi Uno Indonesia juga menyerahkan beberapa plakat dan piagam penghargaan kepada Pemerintah Daerah, Desainer dan Pemilik Rumah Batik yang telah memajukan dan melestarikan Batik. Untuk Pemerintah Kabupaten Kampar penghargaan diterima langsung oleh Pj. Sekda Kampar. Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan menyaksikan peragaan berbagai moede dan desain Batik dari seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Riau. (Ril)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Kamparsatu.com - Fakta dan Berita Akurat