Demokrat Buka Penjaringan, Yusri dan Rinto Pramono Gercep Ambil Formulir Cabup dan Cawabup

Teks Foto: H Yusri Datuk Bandaro Mudo dan H Rinto Pramono makan siang bersama baru-baru ini

BANGKINANG KOTA, kamparsatu.com - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupeten Kampar telah mulai membuka penjaringan Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati Kampar untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Kampar tahun 2024. 

Masa penjaringan Bacabup/Bacawabup Kampar untuk Pilkada Kampar 2024 di DPC Demokrat Kampar dilaksanakan hanya selama sepekan, yang dimulai Selasa (23/4/2024) hingga Selasa (30/4/2024) pekan depan. 

Menariknya, hingga hari ketiga penjaringan dibuka, Kamis (25/4/2024), tercatat ada dua tokoh di Kabupaten Kampar yang digadang-gadang punya kans mendapatkan sampan, baik sebagai Cabup maupun sebagai Cawabup. 

Dua tokoh ini adalah Drs H Yusri, MSi Datuk Bandaro Mudo yang saat ini masih aktif sebagai pegawai negeri sipil dan memiliki jabatan sebagai Staf Ahli Bupati Kampar dan Ketua Lembaga Adat Kampar (LAK). 

Tokoh kedua yang ikut mengambil formulir adalah Ir H Rinto Pramono. 
Tokoh muda Kampar dan pengusaha yang saat ini merupakan Direktur Perusahaan Daerah Bumi Kampar Sarana Energi (BKSE) dan Ketua Ikatan Keluarga Jawa Riau (IKJR) Kabupaten Kampar telah mengambil formulir pendaftaran. 

H Yusri mengambil formulir bakal calon bupati sementara Rinto mengambil formulir wakil bupati. 

Menariknya, berhembus kabar kedua tokoh ini  akan maju satu paket sebagai Cabup dan Cawabup pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Kampar tahun 2024. 

Namun bedanya, formulir pendaftaran Yusri diambil oleh perwakilannya, Ramli di Sekretariat Tim Penjaringan Bacabup/Bacawabup Kampar atau di kantor DPC Partai Demokrat Kampar di Jalan Jenderal Sudirman, Bangkinang. Sedangkan Rinto datang langsung ke Sekretariat Tim Penjaringan. 

Ketika ditanya mengenai proses penjaringan yang ia ikuti, Rinto Pramono mengatakan bahwa ia tidak hanya telah mengambil formulir di DPC Demokrat tetapi ia juga telah mendaftar di beberapa partai politik yakni di DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Kampar.

Bahkan, sejak jauh hari, tepatnya November 2023 lalu Rinto juga telah tercatat sebagai salah satu Bacalon Wabup Kampar hasil penjaringan eksternal di DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Kampar. 

Kepada KAMPARSATU.COM Rinto juga mengatakan, karena “kick off”pendaftaran Cabup/Cawabup dimulai di beberapa parpol, maka ia selaku warga Kabupaten Kampar yang memiliki hak politik mengikuti proses demokrasi dan administrasi  di partai-partai tersebut. 

Pria murah senyum ini mengaku komunikasinya dengan pengurus parpol berjalan baik dan ia juga mengaku belum ada yang menjurus di partai apa ia akan mendapatkan dukungan atau dengan siapa ia bakal berpasangan karena penentuan itu dilakukan oleh masing-masing parpol. 

“Semuanya saling mengenal. Bang Rinto ikuti proses administrasinya dulu,” ulasnya. 

Sementara itu  Ketua Tim Penjaringan Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati Kampar periode 2024-2029 Faisal Fajri Fauzi didampingi Wakil Ketua Tim Penjaringan Rendi Ikhwantara,  
Sekretaris Tim Penjaringan Beni Saputra dan Koordinator Administrasi Muhammad Imam kepada KAMPARSATU.COM Selasa (23/4/2024) di kantor DPC Partai Demokrat Kampar mengatakan, sesuai pesan Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Kampar H Rahmat Jevary Januardo, DPC Partai Demokrat Kabupaten Kampar memberikan kesempatan seluas-luasnya 
kepada masyarakat atau tokoh masyarakat di Kabupaten Kampar yang berminat menjadi Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati Kampar untuk mengambil dan mengembalikan formulir pendaftaran di kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Kampar di Jalan Jenderal Sudirman, Bangkinang yang berada di seberang kantor Pengadilan Agama Kabupaten Kampar. 

“Kami mengajak masyarakat atau tokoh masyarakat sukses menjadi Bupati/Wakil Bupati dari Partai Demokrat Kampar,” ujar Ketua Tim Penjaringan Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati Kampar periode 2024-2029 Faisal Fajri Fauzi. 

Sementara itu Wakil Ketua Tim Penjaringan Rendi Ikhwantara menambahkan, panitia mengharapkan kepada para Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati Kampar mengambil dan mengembalikan formulir pendaftaran langsung ke panitia di kantor DPC Partai Demokrat Kampar. “Tidak bisa diwakilkan. Para bakal calon juga bisa langsung mengisi  formulir di kantor DPC atau dibawa pulang dulu, paling lambat Tanggal 30 April sudah dikembalikan,” ulas Rendi.

DPC Demokrat Kampar dalam hal penjaringan Cabup/Cawabup Kampar mencari kriteria calon pemimpin Kabupaten Kampar yang punya kepedulian dalam menyelesaikan persoalan di Kampar seperti infrastruktur, peningkatan taraf ekonomi,  kesehatan dan pendidikan. “Karena persoalan ini berdasarkan hasil survei yang kita lakukan,” ulasnya lagi. 

Dikatakan, dengan dibukanya penjaringan Bakal Cabup/Cawabup Kampar ini maka sekaligus menepis isu bahwa telah ada yang mengaku jika telah mendapatkan rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat. 

Seperti diberitakan, berdasarkan hasil penghitungan suara di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kampar, DPC Partai Demokrat Kabupaten Kampar pada pemilihan legislatif (Pileg) tahun 2024 ini memperoleh lima kursi. Artinya, Demokrat Kampar butuh tambahan empat kursi lagi agar bisa mengusung satu pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Kampar pada Pilkada Kampar tahun 2024. 

Jumlah kursi ini berkurang satu kursi dibandingkan hasil Pileg sebelumnya, tahun 2019 lalu.(Hir)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Kamparsatu.com - Fakta dan Berita Akurat