Ratusan Mahasiswa UNRI Ikuti Seminar Edukasi Keuangan Secara Bijak di Era Digital


PEKANBARU, kamparsatu.com - Ratusan mahasiswa UNRI mengikuti seminar edukasi keuangan bertajuk ‘Generasi Muda Semua Bisa’ di Universitas Riau (UNRI), yang diselenggarakan perusahaan pembiayaan berbasis digital PT Akulaku Finance Indonesia di Aula Siak Indrapura Gedung Rektorat UNRI, Rabu (29/5/2024).

Seminar tersebut dihadiri oleh ratusan mahasiswa yang berasal dari berbagai fakultas dari perguruan tinggi negeri Universitas Riau dan kegiatan tersebut menjadi bagian dari komitmen berkelanjutan Akulaku Finance Indonesia untuk mendukung penguatan literasi keuangan generasi muda di berbagai wilayah di Indonesia.
Penyelenggaraan seminar tersebut turut didukung oleh Rektorat Universitas Riau yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr Hermandra, serta Pemerintah Kota Pekanbaru yang diwakili oleh Kepala Bidang Ketahanan, Ekonomi, Sosial, Budaya, Agama dan Organisasi Kemasyarakatan Pemerintah Kota Pekanbaru, Ilham Akbar.

Melalui edukasi yang diberikan, PT Akulaku Finance Indonesia berbagi mengenai pemahaman dan fundamental keuangan agar generasi muda dapat mengelola keuangan secara bijak dan bertanggungjawab di era digitalisasi.
Hal itu mencakup pemahaman mengenai adanya tanggung jawab, risiko, serta hak maupun kewajiban yang perlu diketahui oleh setiap pengguna layanan keuangan digital. Di samping itu, Akulaku Finance Indonesia juga berbagi tips agar generasi muda dapat turut mengambil peran sebagai talenta digital dalam perkembangan digitalisasi.

"Dalam kesempatan ini, kami ingin memberikan edukasi agar generasi muda dapat memahami peranan layanan keuangan digital secara mendalam. Dengan edukasi yang memadai, kami juga berharap membantu membangun kesadaran agar masyarakat dapat mengelola keuangan secara bijak dan bertanggung jawab," ujar Senior Legal Manager PT Akulaku Finance Indonesia Rinjani Indah Lestari.

Adapun sejumlah hal yang ditekankan melalui edukasi tersebut antara lain seperti pentingnya menjaga akun layanan keuangan digital, mengetahui kemampuan bayar, memastikan layanan pembiayaan tidak dipergunakan sebagai dana segar untuk berinvestasi, serta pentingnya memastikan pembayaran tepat waktu dan menentukan skala prioritas.

Dosen Ekonomi sekaligus Koordinator Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Riau, Julita Saidi, yang turut berpartisipasi sebagai pemateri di dalam seminar mengapresiasi langkah penguatan literasi yang digulirkan.

Dirinya berkata bahwa tingkat literasi dan pengetahuan keuangan yang lebih baik dapat membantu mendorong generasi muda untuk bisa mengambil keputusan keuangan dengan tepat.

"Penguatan literasi keuangan sangat diperlukan untuk membentuk sikap keuangan yang baik. Terutama untuk memastikan agar generasi muda dapat memiliki pemahaman yang baik mengenai mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang merupakan keinginan," ujarnya. 

Akulaku Finance Indonesia sebagai pionir penyedia layanan pembiayaan digital di Indonesia berkomitmen untuk membantu berbagai lapisan masyarakat untuk dapat memahami manfaat serta cara menggunakan layanan keuangan digital dengan bijak dan bertanggungjawab.

Melalui inisiatif berkelanjutan bertajuk Generasi Muda Semua Bisa, PT Akulaku Finance Indonesia menghadirkan ruang edukasi keuangan pada berbagai lapisan masyarakat untuk dapat meningkatkan literasi keuangan digital di Indonesia. (rls)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Kamparsatu.com - Fakta dan Berita Akurat