Dinas PUPR Kampar Gelar Sosialisasi Sistem Informasi Penyelenggaraan Tata Ruang Kampar (Si-PENYATU KAMPAR)

foto : Kadis PUPR Afdal didampingi Kabid Tata Ruang dan Pertanahan M Rijal memotong kue pertanda launching aplikasi si-PENYATU

BANGKINANG KOTA, kamparsatu.com - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kampar menggelar Sosialisasi Sistem Informasi Penyelenggaraan Tata Ruang Kampar (Si-PENYATU KAMPAR), Kamis (17/11/2022) di ruang rapat kantor Bupati Kampar. 

Sosialiasi disampaikan oleh Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kampar Afdal, ST, MT didampingi Kepala Bidang Tata Ruang dan Pertanahan Dinas PUPR Kampar M Rijal, S.Hut, MPA. 

Peserta kegiatan sosialisasi terdiri dari para camat dan utusan organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Kampar serta Forum Tata Ruang Kabupaten Kampar.

Kadis PUPR Kampar Afdal mengatakan,  Aplikasi SI-PENYATU dibuat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang berkepentingan terhadap  lahan atau ruang dan OPD  yang banyak tugasnya terkait ruang atau lahan. "Kadang-kadang masyarakat atau pihak yang berkepentingan susah mencari informasi apakah ruang atau lahan masuk kawasan hutan atau pemukiman," ucap Afdal.

Selain itu, Pemkab Kampar bisa mengetahui sejauhmana kepatuhan terhadap Peraturan Daerah Tata Ruang.
 
Dengan adanya produk tata ruang  berupa peta, begitu sampai  di lapangan, dengan adanya aplikasi si-PENYATU akan memberikan kemudahan untuk mengetahui informasi ruang/lahan. " Dengan aplikaisi setiap pelaku yang berinteraksi dengan ruang jadi tahu.

Aplikasi ini juga memberi ruang partisipasi masyarakat. Masyarakat akan mudah mengetahui suatu pembangunan apakah masuk dalam wilayah yang bisa di lbangun industri,  pertanian atau pemukiman.
Setelah adanya laporan masyarakat, maka Forum Tata Ruang mengadakan rapat membahas isu tersebut.

Menurut Afdal, agar aplikasi si-PENYATU bisa tersosialiasi luas kepada masyarakat, maka pihaknya akan lebih banyak membuat tutorial melalui akun media sosial.
"Kalau sosialiasi ini kita kumpulnya kan sulit. 
Bikin semacam tutorial di you tube. 
Kalau cetak buku orang juga malas membaca," ungkap mantan Sekretaris Diskominfo Kampar itu.

Menjawab pertanyaan Camat Kampar Kiri Hulu Firdaus mengenai terbatasnya akses internet di Kampar Kiri Hulu,  Kepala Dinas PUPR Kampar Afdhal menyampaikan bahwa  kedepan seluruh desa akan masuk jaringan internet di ke Kampar Kiri Hulu. Ia menyarankan kepada camat agar merekrut anak muda yang melek teknologi. 
Bagi para pelapor ke aplikasi si-PENYATU akan dijamin kerahasiaannya. 

Sementara itu Kepala Bidang Tata Ruang dan Pertanahan M Rijal menambahkan,
sekarang aplikasi si-PENYATU berbasis web sites. "Kedepan play store. Berbasis android
Yang pnting ada koordinatnya JPS," ulas.

Ia menambahkan, ini adalah target awal Dinas PUPR Kampar. Untuk jangka menengah, Dinas PUPR Kampar akan masuk ke aplikasi play store. "Keuntungannya di play store orang bisa mengakses peta walaupun tak ada sinyal," bebernya.(Yan)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Kamparsatu.com - Fakta dan Berita Akurat