Gubernur Riau Buka Porprov X 2022, Kampar Ikuti Seluruh Cabor

TELUK KUANTAN, kamparsatu.com - Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) X Riau tahun 2022 yang berlangsung 12-22 November 2022 resmi dibuka oleh Gubernur Riau H Syamsuar di Stadion Sport Centre, Teluk Kuantan, Sabtu (22/11/2022) malam. 

Acara pembukaan yang berlangsung cukup meriah itu dihadiri sejumlah perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Riau, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kuantan Singingi Suhardiman Amby sekaligus Ketua Pengurus Besar (PB) Porprov X Riau 2022, sejumlah bupati dan walikota se-Riau, Ketua DPRD Riau, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Riau H Iskandar Husin, Ketua Harian PB Porprov X Riau H Dedy Sambudi yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Kuansing, para tokoh olahraga, Ketua KONI se-Riau kontingen, ribuan kontingen dari 12 kabupaten kota dan ribuan masyarakat yang memenuhi tribun Stadion Sport Centre Kuantan Singingi.

Pembukaan Porprov ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Gubernur Riau H Syamsuar. Kegiatan pembukaan diawali defile kontingen, pembacaan janji atlet dan wasit serta juri dan juga dimeriahkan dengan tari sombah carano, penampilan silat Pangean, tarian kolosal ratusan penari yang menggambarkan tradisi pacu jalur di Kuansing.

Gubernur Riau H Syamsuar dalam pengarahannya menyampaikan, Porprov diharapkan dapat mengangkat citra sektor pariwisata, sektor UMKM sehingga ekonomi bangkit dalam rangka pemulihan ekonomi serta bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19 selama dua tahun. 

Ia menambahkan, ajang ini sebagai media sangat tepat bagi atlet untuk membuktikan ketangguhan dan keunggulan atlet. "Mari jadikan sebagai sarana dalam meraih prestasi yang lebih tinggi di dalam kancah olahraga di Riau," ajak Syamsuar. 

Ia menambahkan, pada tahun 2023 mendatang, Riau akan menghadapi ajang Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) se-Sumatera. Kemudian Riau akan berpartisipasi mengikuti Pekan Olahraga Nasional di Aceh dan Sumatera Utara. Melalui Porprov 2022 ini Gubri juga berharap menjadi ajang kompetisi dan seleksi untuk mencari bibit atlet agar bisa meraih prestasi yang lebih tinggi lagi di arena Porwil dan PON.

Sementara itu, Ketua KONI Provinsi Riau H Iskandar Husin dalam laporannya menyampaikan, Porprov X 2022 diikuti oleh 4.456 orang atlet yang berlaga di 
26 cabang olahraga dan 325 nomor pertandingan. Adapun jumlah medali yang diperebutkan sebanyak 325 keping emas, 325 perak dan 530 perunggu.

Sebanyak 23 cabor pertandingannya di digelar di Kuantan Singingi, dua cabor di Pekanbaru (senam dan renang) dan 1 cabor di Rengat, Indragiri Hulu untuk cabor panjat tebing. 23 cabor yang digelar di Kuansing adalah cabor atletik, arung jeram, balap motor, bola basket, bola voli indoor, bola voli pantai, bulu tangkis, catur, dayung, menembak, muaythai, panahan, pencak silat, petanque, sepakbola, sepak sepak takraw, ski air, taekwondo, tarung drajat, tenis lapangan, tenis meja dan tinju. 
Kabupaten Kampar pada Porprov X 2022 Kampar mengikuti seluruh cabor atau 26 cabor dengan 259 nomor pertandingan dengan kekuatan kontingen sebanyak 432 orang dengan rincian 317 orang atlet, 84 orang pelatih dan asisten serta 32 orang official.

Sementara itu Ketua KONI Riau
Ketua KONI Riau Iskandar Husin mengaku penyelenggaraan Porprov X di Kuansing tidaklah mudah, penuh dinamika dan melelahkan.

Namun ia mengaku bangga karena penyelenggaraan Porprov dilaksanakan di kampung atlet. 
Ia menambahkan, Porprov di Kuansing sebagai bentuk apresiasi insan olahraga terhadap Kuansing sebagai tanah kelahiran atlet Indonesia yang telah menggapai prestasi ditingkat internasional. 

Ia menyebutkan, dari Kuansing telah lahir para pedayung handal seperti Eka Oktarorianus dan Rio Akbar yang sukses diajang internasional seperti Sea Games.

Prestasi yang dipersembahkan anak-anak Kuansing Tltak terlepas dari budaya pacu jalur yang telah men darahdaging di Kuansing. Iskandar mengaku bangga dengan Kuansing yang mememiliki trasidisi pacu jalur.

Sementara itu Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby yang juga Ketua PB Porprov X Riau dalam kesempatan ini menyampaikan beberapa ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut mendukung suksesnya pelaksaan pesta olahraga terakbar se-Provinsi Riau itu, termasuk ucapan khusus kepada Pj Bupati Kampar H Kamsol karena Pemkab Kampar telah bersedia meminjam sekira 60 persen peralatan cabang olahraga yang dibutuhkan.
(Yan)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Kamparsatu.com - Fakta dan Berita Akurat