Sekda Kampar Buka Bimtek Sekdes Kampar dan Rokan Hulu

BANGKINANG KOTA, kamparsatu.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Kampar membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek ) bagi seluruh Sekretaris Desa di Kabupaten Kampar dan Kabupaten Rokan Hulu.  Bimtek tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia khusus bagi para Skeretaris Desa, Dinas PMD dan Dukcapil Provinsi Riau menggelar Bimbingan Teknis (bimtek) untuk para Sekdes se-Kabupaten Kampar dan sekdes Kabupaten Rokan Hulu.

Bimtek tersebut digelar  di Aula Kantor Bupati Kampar, Selasa (6/12)

Dalam arahannya Drs. Yusri, M, Si menyampaikan banyak prospek yang bisa dilakukan dan di kembangkan untuk menjadikan Desa berkembang. Ingat, desa tidak akan maju apabila juru masak tidak bekerja, atau yang biasa disebut dengan Sekretaris Desa.

Selanjutnya Sekda Kampar itu juga mengatakan dengan demikian, selain inovasi dari Kepala Desa. Peran Sekdes dalam memajukan desa juga sangat penting, karena selain memikirkan diri sendiri, kita juga memikirkan jalannya program didesa guna kesejahteraan masyarakat.

“dengan demikian, nikmati pelatihan ini, pelajari sebaik mungkin untuk bisa dibawa ke desa dan dikembangkan di tempatnya masing-masing nantinya."pinta Yusri lagi" 

Terkait Desa tertinggal dan Mandiri, Kadis PMD dan Dukcapil Provinsi Riau yang diwakili oleh Plt Kabid Pemdes Tengku Perdian Khalil,Se,MM menjelaskan, bahwa jumlah desa mandiri di Riau terus meningkat, yaitu 61 Desa Mandiri tahun 2020, menjadi 101 Desa Mandiri tahun 2021 dan saat ini tahun 2022 telah mencapai 159 Desa Mandiri. "berarti sudah 10 persen, karena desa kita jumlahnya 1.591 desa".

Ia memaparkan sementara jumlah desa sangat tertinggal terus mengalami penurunan dari 45 Desa tahun 2019, menjadi 35 Desa tahun 2020, dan 28 desa pada tahun 2021. Sedangkan pada 2022 menjadi 24 Desa sangat tertinggal.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan di Kabupaten Kampar sendiri, tercatat ada 23 desa sangat tertinggal dan desa maju berjumlah 84 desa, desa berkembang sebanyak 109 desa, sedangkan desa tertinggal tercatat 12 desa.

Sedangkan khusus di Kabupaten Rokan Hulu sendiri,  jumlah desa mandiri tahun 2022 ini sebanyak 5 desa di mana tahun sebelumnya, belum ada satupun Desa Mandiri di Kabupaten Rokan Hulu.

Dengan mengangkat tema " Riau menuju Desa Mandiri tahun 2024", melalui Bimtek diharapkan hal ini sebagai langkah untuk bisa mengentaskan Desa sangat tertinggal, serta meningkatan status Desa menjadi Desa Mandiri Provinsi Riau.(Ril).

0 Komentar

© Copyright 2022 - Kamparsatu.com - Fakta dan Berita Akurat