Sepanjang 2022 PN Bangkinang Raih 2 Penghargaan dan Terus Lakukan Inovasi Ini

BANGKINANG KOTA, kamparsatu.com -Menjelang akhir tahun 2022, Pengadilan Negeri Bangkinang Kelas I B menggelar Press Release Kinerja Pengadilan Negeri Bangkinang dan Reviu Standar Pelayanan, Jum'at (30/12/2022) di ruang Command Center PN Bangkinang.

Kegiatan ini langsung dipimpin oleh  Ketua PN Bangkinang I Dewa Gede Budhy Dharma Asmara, SH, MH didampingi Humas PN Bangkinang Ersin SH MH, Ketua Forum Masyarakat Madani Indonesia Titin Supriatin, SH, MH. Tampak hadir Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kampar Akhir Yani,SE, Ketua Forum Informasi Publik (FIP) Kabupaten Kampar Mirdas Aditya dan para insan pers Kampar.

Beberapa capaian diraih oleh PN Bangkinang selama tahun 2022 antara lain peringkat pertama Lomba Pelaksanaan Pos Bantuan Hukum (Posbakum) se-Indonesia, peringkat ketiga Lomba Pelayanan Terpadu Satu Pintu, peringkat 2 pada evaluasi implementasi SIPP bulan Juli 2022, penghargaan peringkat 3 terbaik kategori kualitas laporan keuangan semester II tahun 2021 yang diterima Februari 2022, akreditasi penjaminan mutu prediket A (excellence) dengan nilai tertinggi 727 se-Wilayah Riau.

Kemudian, terkait penanganan perkara, Budhy menyampaikan bahwa penanganan perkara PN Bangkinang Tahun 2022, jumlah perkara pidana anak mencapai 18 perkara, perkara perdata sebanyak 35 yang dimediasi, 5 yang berhasil dimediasi dan 30 tidak berhasil dimediasi, sedangkan perkara perdata yang dieksekusi sebanyak 4 perkara.

Untuk perkara pidana tahun 2022, jumlah perkara terbanyak ditangani adalah narkotika yang mencapai 376 kasus. Sedangkan perkara perdana terbanyak yang ditangani adalah tentang perbuatan melawan hukum. Rasio persentasi penanganan perkara tahun 2022 sebesar 86,93 persen.

Pada kesempatan tersebut Ketua PN Bangkinang juga menyampaikan berbagai inovasi pelayanan yang dilakukan, baik inovasi pelayanan dari Mahkamah Agung, inovasi pelayanan dari PN Bangkinang. 

Dalam memudahkan pelayanan, PN Bangkinang juga menciptakan beberapa aplikasi. Diantaranya aplikasi antrian PTSP, aplikasi antrian persidangan, jadwal sidang dan media informasi elektronik. 

PN Bangkinang juga telah menerapkan pengadilan ramah kaum rentan dan disabilitas, ruang sidang online, pojok media center dan meja protokoler persidangan, ruang tunggu persidangan, ruang laktasi, ruang kesehatan. Saat ini juga masih berlangsung pembangunan musalah. 

Selain itu juga telah dibangun ruang tunggu hakim dan PP, pembangunan taman dan kolam, serta sarana dan kegiatan olahraga. 

I Dewa Gede Budhy Dharma Asmara juga menyampaikan tentang inovasi pelayanan yang telah diterapkan oleh PN Bangkinang diantaranya MEXT SIPP, SIGAP, VIRAL, JDIH, E-BROSUR, aplikasi LIMO, komputer ramah tuna netra, PTSP ONLINE dan mesin antrian persidangan.

“Ke depan kami berupaya untuk terus membuat inovasi-inovasi untuk PN Bangkinang,’’ ujarnya. 

Sebelumnya, Ketua PWI Kampar Akhir Yani menyambut baik keterbukaan PN Bangkinang terhadap insan pers dalam melaksanakan peliputan.

“PN Bangkinang telah menyediakan fasilitas yang sangat baik dan nyaman bagi para pengunjung, termasuk kami insan pers,’’ ucapnya.(Yan)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Kamparsatu.com - Fakta dan Berita Akurat