Belasan Mahasiswa Prodi ABI Politeknik Kampar Field Trip ke PWI Kampar



BANGKINANG KOTA, kamparsatu.com – Belasan mahasiswa dan mahasiswi dari Program Studi Administrasi Bisnis Internasional (ABI) Politeknik Kampar (Polkam) melaksanakan Field Trip atau kegiatan studi lapangan ke Sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kampar di Jalan Ahmad Yani, Bangkinang, Selasa (27/6/2023).

Kegiatan ini didampingi oleh Dosen Pendamping yang juga Ketua Prodi ABI Politeknik Kampar Merlia Rahmayani, S.IP, M.Si. Ikut hadir juga dalam kegiatan ini penulis muda asal Kabupaten Kampar Rezky Firmansyah dan Spesialist di Kampartrapost.com Fahdhlil Wafi. 

Rombongan mahasiswa Prodi ABI Polkam disambut Ketua PWI Kabupaten Kampar Akhir Yani, SE. Dari PWI Kabupaten Kampar turut hadir salah seorang Dewan Penasehat PWI Kabupaten Kampar Netty Mindrayani, S.Sos dan beberapa orang pengurus dan anggota PWI Kabupaten Kampar.
Kegiatan ini diantaranya diisi dengan perkenalan organisasi PWI Kampar maupun Prodi ABI Polkam dan diskusi. Beberapa mahasiswa antusias bertanya mengenai tata cara kerja wartawan, tentang keorganisasian PWI dan sejumlah permasalahan yang terjadi di dunia pers saat ini.

Ketua Prodi ABI Polkam Merlia Rahmayani, S.IP, M.Si menyampaikan, kegiatan field trip ke PWI Kampar telah direncanakan sejak lama namun baru terwujud pada saat ini. Yani, begitu ia akrab disapa menambahkan, Politeknik Kampar merupakan salah satu institusi Pendidikan vokasi yang mempersiapkan tenaga terampil dan profesional yang siap kerja berharap dengan adanya kegiatan ini  mahasiswa Prodi ABI Politeknik Kampar bisa menimba ilmu, pengalaman dan mendapatkan suntikan motivasi dari para wartawan yang tergabung di PWI Kabupaten Kampar. Kegiatan field trip yang diajukan ke PWI Kampar juga sehubungan dengan mata kuliah pada Prodi ABI yaitu Teori Public Relations, Hubungan Internasional dan Perilaku Organisasi. 

Sementara itu Ketua PWI Kabupaten Kampar Akhir Yani, mengaku  sangat senang adanya kunjungan dari mahasiswa dan Ketua Prodi ABI Polkam.

 Akhir pada kesempatan ini menyampaikan sejarah terbentuknya PWI Pusat dan PWI Kabupaten Kampar.

 Pada kesempatan ini Akhir juga menyampaikan bahwa PWI merupakan salah satu organisasi profesi wartawan yang telah diakui oleh Dewan Pers.“Tidak semua wartawan itu adalah anggota PWI,” tegas Akhir Yani. 

Ia mengungkapkan, di Kabupaten  Kampar saat ini ada sekitar 200-an orang wartawan, namun yang tercatat pada data base PWI Kabupaten Kampar sebagai anggota PWI hanya sebanyak 46 orang anggota. Dari 46 orang ini, yang aktif melakukan tugas jurnalistik sampai saat ini sebanyak 25 oran.  “Untuk menjadi anggota PWI harus melewati serangkaian tahapan yang harus dilalui,” ujar Ketua PWI Kampar dua periode ini. 

Ia menjelaskan, sebelum berhak mengikuti tes masuk anggota PWI, bakal calon anggota PWI harus terlebih dulu lulus dalam uji kompetensi wartawan (UKW). “Setelah menjadi anggota PWI, wartawan PWI harus tunduk kepada segala ketentuan dan termasuk mentaati kode etik jurnalistik dan tidak boleh menyalahgunakan status sebagai anggota PWI untuk perbuatan yang melanggar hukum seperti memeras,” tegasnya.  

Diakhir acara Ketua Prodi ABI Polkam Merlia Rahmayani menyerahkan piagam  penghargaan kepada PWI Kampar terkait kunjungan ini. Selanjutnya Rezky Firmansyah yang merupakan salah seorang penulis muda Kampar yang telah menerbitkan 52 judul buku memberikan hadiah kepada Ketua PWI Kabupaten Kampar berupa dua buku yang berjudul masing-masing “Dari Warga untuk Kita Semua” dan Biografi Para Ulama dan Tokoh Penggerak Kampar Serambi Mekkah”. (Yan)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Kamparsatu.com - Fakta dan Berita Akurat