Lima Kali Nyasar dan Acara Hampir Bubar, Begini Cerita Ketua DPRD Kampar yang Berjanji ke Warga Desa Sekijang akan Bangun Jalan Aspal


SEKIJANG, kamparsatu.com – Ketua DPRD Kabupaten Kampar Muhammad Faisal diundang oleh masyarakat Desa Sekijang, Kecamatan Tapung Hilir, Kabupaten Kampar, Kamis (17/8/2023) sore guna menutup Turnamen Bola Voli antar RW se-Desa Sekijang dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Niat Faisal yang ingin hadir di tengah Masyarakat Desa Sekijang tak semudah yang dibayangkan.

Faisal berangkat dari Desa Pulau Jambu Kecamatan Kampar Utara sekira pukul 15.30 WIB bersama sejumlah staf dan awak media setelah membuka kegiatan pawai dalam rangka HUT RI di Desa Pulau Jambu. Perjalanan dari Pulau Jambu ke Desa Sekijang ternyata tak semudah yang dibayangkan dan tak berjalan lancar.
Faisal yang diundang hadir selepas Sholat Ashar guna menyaksikan langsung pertandingan final turnamen bola voli di Desa Sekijang tersebut baru sampai sekira pukul 17.40 WIB di Lapangan Bola Voli Sekijang. Keterlambatan Faisal tak terlepas dari banyaknya  kesalahan memilih jalur perjalanan sejak berangkat dari Desa Pulau Jambu. Ditambah lagi kondisi jalan provinsi Petapahan-Kandis dan jalan kabupaten yang dilalui sangat jelek.

Tak kurang dari lima kali mobil yang membawa Ketua DPRD Kampar itu harus putar balik karena salah jalan meskipun sang sopir dan sebuah mobil yang membawa awak media menggunakan aplikasi penunjuk arah. Tak jarang, jalan yang dilalui banyak melewati jalan tanah yang berbatu sejak dari Simpang Alamanda, Kecamatan Tapung Hilir. Selain jalannya jelek, banyak sekali persimpangan di areal perkebunan  yang membuat bingung dan hampir tidak ada penunjuk jalan. Sebagian jalan yang dilalui juga terkunci portal perusahaan sehingga mobil harus putar balik mencari jalan alternatif.

 Beruntung saja di tengah perjalanan ada seorang siswa salah satu SMK yang masih berpakaian Paskibraka bersedia mengantar rombongan Ketua DPRD Kampar menuju lokasi acara. Alhasil, kebaikan anak ini membuat rombongan masih bisa bertemu dengan ratusan masyarakat Desa Sekijang yang masih setia menunggu di lapangan  meskipun pertandingan final turnamen tersebut telah selesai hampir satu jam.

Begitu sampai di lokasi acara, Faisal yang disambut antusias warga langsung didaulat menyampaikan pidato  pengarahan setelah Kepala Desa Sekijang Jon Kenedi menyampaikan pidato sambutan.

 Di hadapan ratusan masyarakat Sekijang Faisal mengaku kaget kenapa tidak ada penunjuk jalan menuju Desa Sekijang dan kondisi jalannya yang cukup parah, padahal ribuan masyarakat bermukim di salah satu desa tempatan di sepanjang aliran Sungai Tapung itu. Ditambah lagi jarak tempuh dari ibu kota kecamatan ke desa ini cukup jauh.   

Politisi Partai Gerindra yang juga menjabat Sekretaris DPC Partai Gerindra Kabupaten Kampar itu mengaku belum pernah sampai ke Sekijang karena selama ini, atau tiga periode dia duduk di DPRD Kabupaten Kampar ia mewakili daerah pemilihannya (Dapil Kampar IV atau Kecamatan Tambang sekitarnya). Namun karena dirinya akan maju sebagai calon anggota DPRD Provinsi Riau pada pemilihan legislatif tahun 2024 mendatang makai ia berjanji akan mengarahkan peningkatan ruas jalan ke Desa Sekijang dengan cara pengaspalan jalan dan menambah penunjuk arah jalan.

Pada kesempatan ini ia minta masyarakat Desa Sekijang agar mendukungnya pada pileg 2024 mendatang dan untuk wakil di DPRD Kampar Faisal juga meminta masyarakat mendukung mantan Kepala Desa Sekijang H Matridi sebagai calon DPRD Kabupaten Kampar dari Dapil tersebut.

“Kenapa jalannya begini? karena tak ada wakilnya di sini. Saya beberapa kali nyasar tadi, kok jalan ke desa ini tak ada tanda-tanda kehidupan,” ulas Faisal yang mengaku heran kepada dirinya kenapa dia begitu semangat menyampaikan buah pikirannya kepada masyarakat Sekijang.
Faisal juga berjanji untuk menghitung biaya infrastruktur menuju Desa Sekijang dan akan memperjuangkan dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Mendengar janji yang disampaikan Faisal, ratusan masyarakat langsung menyampaikan aplaus  dan meminta Faisal mewujudkan harapan masyarakat Sekijang yang telah dipendam sejak lama itu.

Harapan masyarakat agar ada perbaikan infrastruktur di desa yang berpenduduk hampir 10 ribu jiwa itu kembali terlihat saat Faisal akan memasuki mobil dinasnya setelah acara selesai.

Dalam kesempatan ini Faisal juga didaulat menyerahkan piala dan hadiah bersama Kades Jon Kenedi dan mantan Kades H Matridi kepada tim juara turnamen bola voli di desa tersebut. Kepada para pemain dan Masyarakat Faisal berpesan agar serius menekuni Latihan bola voli karena saat ini profesi olahrawagawan dari pebola voli cukup menjanjikan dari sisi ekonomi. “Kalau pemain Pro Liga yang kita bawa main di turnamen antar kampung ini bayarannya sudah mencapai tiga puluh jutaan sekali main,” kata Faisal.

Ia berharap kedepan akan lahir atlet bola voli yang akan memperkuat Kabupaten Kampar, Provinsi Riau bahkan menjadi atlet nasional.

Sementara itu Kades Sekijang Jon Kenedi sangat berharap adanya perhatian dari pemerintah dan pemerintah daerah kepada Desa Sekijang. Jauhnya letak desa ini dari ibu kota Kabupaten Kampar dan dengan kondisi infrastruktur yang masih terbatas membuat kesejahteraan masyarakat masih jauh dari harapan.(Yan)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Kamparsatu.com - Fakta dan Berita Akurat