Terkait Konservasi Kebun Raya, DPRD Kampar Sambut Baik Program Universitas Pahlawan

BANGKINANG KOTA, kamparsatu.com - Ketua DPRD Kampar Muhammad Faisal, ST didampingi plt Sekwan Sulistiyadi, dan PPKetua Komisi l Zulfan Azmi, menerima audensi dari Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai terkait tentang rencana pembuatan Kebun Raya yang digelar di Ruang Badan Musyawarah DPRD Kampar pada Senin (7/8/2023)

Dalam sambutannya Faisal menyampaikan apresiasi dan dukungan terhadap program pembuatan Kebun Raya yang murni diinisiasi oleh Universitas Pahlawan.

"Selaku wakil rakyat, kami sangat mendukung program pendidikan yang diajukan oleh para utusan Universitas Pahlawan ini. Apalagi saat ini Universitas Pahlawan nantinya akan melahirkan generasi yang menjadi pemimpin masyarakat, "ungkapnya

Lebih lanjut Legislator Partai Gerindra Kampar ini menyatakan siap mendukung program Kebun Raya yang akan di buat oleh Universitas Pahlawan, "Yang penting kami minta regulasinya dulu, agar kami bisa anggarkan,"ujar pria asal Kecamatan Tambang ini.

Sementara itu Rektor Universitas Pahlawan yang diwakili Wakil Rektor II M. Nizar Syarif Hamidi menyampaikan pembentukan kebun raya Universitas Pahlawan sebagai kawasan konservasi dalam upaya pelestarian keanekaragaman hayati, dan melestarikan lingkungan melalui program konservasi.

"Kami sedang memprogram konservasi hutan dalam upaya melestarikan hutan, apalagi di Universitas Pahlawan saat ini sudah ada lahan yang cukup luas untuk penghijauan, ditambah lagi ada beberapa lahan lagi yang dimiliki masyarakat sudah dan akan segera dibebaskan," terangnya.

Lebih lanjut pria yang akrab dipanggil Nizar itu sangat berharap ada dukungan dari DPRD Kampar. Karena belum la ini Universitas Pahlawan sudah berkonsultasi juga dengan BRIN dan dalam waktu dekat akan mengunjungi Universitas Pahlawan dan bahkan siap mendampingi program kebun raya ini selama enam bulan kedepan.

Sementara itu Dekan Fakultas Ilmu Hayati Samsul Bahri juga memaparkan pada saat ini khususnya Kabupaten Kampar terjadi musim kemarau. Selain suhu udara yang cukup panas, saat ini iklim tidak normal yang mengakibatkan pemanasan global.

"Jadi rencana lokasi kebun raya dari Universitas Pahlawan ini seluas 49,6 Hektar, 50 persen nya atau sudah 28,46 hektar sudah di bebaskan. Dan kami juga sudah melakukan pertemuan dengan para Ninik mamak, tokoh adat dan masyarakat yang memiliki lahan disekitar lokasi yang akan dijadikan kebun raya," kata Samsul

Hadir pada kesempatan itu dari DPRD Kampar Juswari Umar Said, Agus Candra, Rofi Siregar, plt Sekwan Sulistiyadi, dan dari Universitas Pahlawan Ketua Program Hutan Konservasi Samsurijal Hasan, Dekan Fakultas Ilmu Hayati Syamsul Bahri, Kabag Umum Aryadi dan Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan Molli Wahyuni. (Mid)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Kamparsatu.com - Fakta dan Berita Akurat