Upacara Taptu Pawai Obor, Tradisi Yang dilakukan Setiap Malam Hari Kemerdekaan Indonesia


 BANGKINANG KOTA, kamparsatu.com - Upacara Penetapan Waktu (Taptu) dan pawai obor merupakan tradisi setiap menyambut Hari Kemerdekaan, kegiatan ini dipusatkan di halaman Mapolres Kampar, Rabu 16/8/2023

Dalam kegiatan yang diikuti Pj.Bupati Kampar Mhd.Firdaus SE,MM dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kampar itu berlangsung khidmat. Untuk pawai obor yang diikuti TNI-Polri, Satpol PP, Dishub,Pramuka dan anak - anak sekolah tersebut, dimulai dari Mapolres Kampar dan diakhiri di Lapangan Merdeka Bangkinang Kota.

Bertugas sebagai inspektur upacara yakni Kapolres Kampar AKBP. Ronald Sumaja S.I.K . “Ini merupakan salah satu rangkaian peringatan HUT ke-78 RI,” ujar Kapolres Kampar 

Pj.Bupati Kampar Mhd.Firdaus SE,MM mengatakan ,upacara taptu dan pawai obor ini merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan di detik-detik menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-78 .Hal tersebut sebagai upaya mengingat kembali perjuangan para pahlawan nasional dalam merebut kemerdekaan.

Ia menambahkan , kegiatan taptu dan pawai obor ini juga sebagai salah satu cara untuk mengobarkan semangat para generasi muda untuk mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif.

Sementara itu ,pawai obor dalam rangka menjelang peringatan Hari Kemerdekaan yang ke-78 ini diikuti oleh ratusan peserta ,yang berasal dari pasukan TNI,Polisi ,Dishub, Satpol  PP Pemerintah Kabupaten ,serta para pelajar. (Ril)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Kamparsatu.com - Fakta dan Berita Akurat