Kecamatan Kampa Menjadi Awal Pj Bupati Kampar Buka Musrenbang RKPD


KAMPAR, kamparsatu.com - Penjabat Bupati (Pj) Hambali, SE, M,B,A, MH membuka secara resmi Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) di Kecamatan Kampa. Acara ini dihadiri Anggota DPRD Kampar Haswinda, Edi Afrizon, Kepala Bapedda Kampar Ardy Mardiansyah,  seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat Kampa Rahmat Fajri seluruh Kepala Desa se-kecamatan Kamla, berbagai pihak terkait, termasuk tokoh masyarakat, perwakilan lembaga pemerintahan, dan elemen masyarakat setempat. Acara Musrembang RKPD itu digeler di Aula Kantor Camat Kampa. (22/1)

Dalam sambutannya, Hambali menekankan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam perencanaan pembangunan untuk mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan. Ia juga menggarisbawahi komitmen pemerintah daerah untuk mendengarkan aspirasi serta kebutuhan warga Kecamatan Kampa guna menciptakan pembangunan yang merata dan berdaya.

“Mari bersama berfikir dan merencanakan bagaimana memajukan negeri ini,  berbuatlah untuk kesejahteraan negeri ini”ujarnya.

Ia menambahkan Musrembang ini menjadi platform bagi para pemangku kepentingan untuk menyampaikan ide, saran, dan aspirasi mereka terkait rencana pembangunan di wilayah tersebut. Dengan demikian, diharapkan akan terwujud sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam mencapai pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif.

Penjabat Bupati Kampar juga mengatakan rencana pembangunan ini mencakup berbagai sektor, seperti infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan ekonomi lokal. Pj Bupati juga mengundang semua pihak terlibat untuk bersama-sama menciptakan strategi yang tepat guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kecamatan Kampa.

Ia menambahkan musyawarah ini menandai langkah awal dalam perencanaan pembangunan yang partisipatif dan transparan di Kecamatan Kampa. Pj Bupati mengharapkan bahwa melalui dialog terbuka ini, akan muncul solusi-solusi inovatif untuk mengatasi tantangan pembangunan yang dihadapi oleh wilayah tersebut.

Dalam kesempatan itu juga Hambali menjelaskan melalui Musrenbang ini semua pemangku kepentingan duduk dan bermusyawarah bersama untuk membicarakan tantangan dan peluang pembangunan daerah ke depan dalam rangka mensejahterakan masyarakat, menciptakan kondisi usaha yang baik, dan memperbaiki penyelenggaraan pembangunan secara berkesinambungan.

Sementara itu Camat Kampar Rahmat Fajri dalam sambutannya menyampaikan tujuan Pelaksanaan Musrenbang kecamatan adalah sebagai berikut Membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan Desa/Kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di kecamatan. Prioritas kecamatan dimaksud merupakan usulan pembangunan yang bersifat antar wilayah desa.

Rahmat Fajri juga mrengatakan berita acara Musrenbang RKPD di Kecamatan beserta lampirannya. Agar tercapainya sinkronisasi perencanaan pembangunan yang dimulai dari tingkat bawah (Bottom Up Planning) dengan pereh Kabupaten Kampar.

Perencanaan yang berasal dari tingkat atas (Top Down Planning) diharapkan kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah terkait agar mencermati setiap usulan yang disampaikan, dan kepada Saudara Camat agar mempersiapkan Berita Acara hasil pelaksanaan musrenbang yang dilampirkan dengan notulen rapat untuk disepakati dan disetujui secara bersama.(Ril)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Kamparsatu.com - Fakta dan Berita Akurat