Direncanakan Bersama Pj Gubri, Pj Bupati Kampar Star Ziarah Kubur di Kampung Godang, Finish dan Makan Bersama di Desa Sipungguk


 

Bangkinang Kota, kamparsatu.com - Tradisi Ziarah Kubur atau yang biasa disebut merupakan hal yang dinanti-nanti kan masyarakat khususnya yang berdomisili di Bangkinang Seberang dan Kecamatan Salo. 

Untuk itu, H-2 jelang Hari Raya Enam (Ghayo Onam), Pj Bupati Kampar H. Hambali, SE, MH lakukan Rapat Persiapan, yang diselenggarakan di Rumah Dinas Bupati Kampar, Senin (15/4/2024).

Tampak Hadir, Plh. Sekda Kampar Ahamd Yuzar, Plt. Kadis Kominfo Kampar Irwan AR, Kadis Perhubungan Refizal, Kadis Pariwisata Zamhur, Plt. Camat Salo, Camat Bangkinang serta Kades Sipungguk, Lurah Pulau, dan Kades Uwai.

“Karena ini menjadi Budaya Kampar di dua kecamatan yakni Kecamatan Salo dan Kecamatan Bangkinang dan nanti ini perlu kita sepakati bagaimana teknisnya saat Pelepasan dan Finish, dan berharap tradisi besar Ini berjalan dengan khidmat, lancar dan kondusif.”ungkap Pj Bupati Kampar.

Pj Bupati Kampar menjelaskan bahwa Hari Raya Enam (Ghayo Onam) merupakan tradisi turun temurun dan menjadi aktifitas keagamaan yang rutin di lakukan masyarakat Kabupaten Kampar khususnya Kecamatan Bangkinang. 

“Insyaallah pada perayaan dan ziarah kubur ini akan dihadiri langsung oleh Pj Gubernur Riau dan Forkopimda Riau.”ungkap Pj Bupati.”

 
Pj Bupati Kampar juga menyampaikan tradisi besar ini yang harus bersama kita sukseskan, bagaimana kegiatan ini bisa berjalan dengan sukses dan lancar, tentunya Pemerintah Daerah selalu mensuport kegiatan besar ini.

Ia juga menghimbau, kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, agar dapat menjalankan tugas dan fungsi masing-masing, sehingga tidak terjadi kendala yang menyebabkan tidak khidmatnya kegiatan ziarah kubur ini

“Untuk itu mari kita ramaikan dan Meriahkan Ghayo Onam dan Ziarah Kubur yang merupakan Tradisi Besar di Provinsi Riau.”tutupnya.”

Dalam hal tersebut, Plh. Sekda Kampar juga menyampaikan Intruksi dari Pj Bupati Kampar bahwa titik pertama dtar ziarah kubur Aghi Ayo Onam Tanggal 17 April 2024 di Kampung Godang tepatnya di Pemakaman Musiro. Dimulai jam 06:30 wib. Titik kedua di Mesjid Mujahiddin Desa Muara Uwai tepatnya di Pemakaman Datuk Tabano dan titik ketiga yang merupakan Finish Berziarah akan digelar di Mesjid An Nur Dusun Teratak Desa Sipungguk Kecamatan Salo sekaligus ditutup dengan acara ramah tamah dan  Makan Bersama (Bajambau).

Plh. Sekda juga berharap Acara Aghi Ayo Onam ini dapat berjalan dengan khidmat lancar dan kondusif, mulai dari penyambutan PJ Gubri dan rombongan, pelaksanaan ziarah kubur serta dari segi pengamanan lalulintas sampai acara inti. “Tutupnya.(Ril)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Kamparsatu.com - Fakta dan Berita Akurat