Hasil Assessment Good Corporate Governance Tahun 2022, PT BSP Raih Kategori Baik

PEKANBARU, kamparsatu.com
Menjawab tantangan dan memenuhi regulasi agar Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) menyelenggarakan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) atau GCG, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Riau melakukan Assessment GCG Tahun 2022 terhadap 
PT Bumi Siak Pusako (BSP). Hasilnya, BSP meraih hasil kategori "Baik". 

Kondisi ini meningkat dari hasil asesmen yang dilakukan pada Tahun 2020 oleh BPKP Riau dengan hasil kategori "Cukup" dengan skor 66,56. Kenaikan ini menandakan ada perbaikan yang dilakukan oleh manajemen BSP.

Aspek assesment GCG meliputi komitmen, kebijakan GCG, partisipan GCG dan pengungkapan. Setiap aspek memiliki bobot nilai yang disesuaikan dengan kebutuhan parapemeter.

Adapun skor yang diraih oleh BSP pada Assessment GCG Tahun 2022 adalah 76,19. Berada dalam range skor 75-90 . PT BSP merupakan satu-satunya BUMD di Provinsi Riau yang diasesmen secara konsisten oleh BPKP Riau sejak tahun 2020.


Korwas Bidang Akuntan Negara BPKP Riau Anto Hendrarto mengatakan, pelaksanaan GCG merupakan upaya yang sangat wajib dijalankan oleh setiap korporasi, apalagi bagi badan usaha pelat merah.

Ia menambahkan, BPKP Riau sangat konsern dan terus mendorong pelaksanaan GCG oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan BUMD yang ada di wilayah Riau guna menghindari penyimpangan dalam kegiatan korporasinya. "Diharapkan BSP dapat menjadi contoh oleh BUMD-BUMD lainya di Provinsi Riau," terang Anto Hendrarto. 

Sementara itu, Asisten II Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Pekanbaru Drs Ingot Ahmad Hutasuhut yang ikut hadir dalam exit meeting hasil fnal assessment GCG di kantor PT BSP, Selasa (11/7/2023) menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada manajemen BSP yang berhasil meraih kategori baik dalam assessment GCG. "Semoga BSP tetap terus komit dan tinggkatkan kinerjanya kedepan, karena tantangan BSP selaku operator tunggal WK CPP, BSP harus terus berbenah diri dan menjadi contoh baik oleh BUMD lainnya," ungkap Ingot.

Sementara Sekretaris Perusahaan BSP Riky Hariansyah mengatakan ucapan terima kasih kepada BPKP Riau yang telah membimbing dan mendorong BSP agar tetap terus menjadi BUMD terbaik di Riau, sehingga komitmen dan pendampingan terhadap BSP dalam assessment GCG ini tetap terus berjalan. Ia juga berharap BSP akan terus berbenah diri untuk tetap meningkatkan kinerja manajemen BSP.
Komitmen ini akan dilakukan secara rutin setiap dua tahun sekali, sehingga PT BSP sebagai BUMD kebanggaan masyarakat Riau harus tetap komit dalam mejalankan roda perusahaan.

Kegiatan pemaparan hasil assessment GCG pada exit meeting ini Pemerintah Provinsi Riau diwakili oleh Kepala Biro Ekonomi Sekretariat Daerah Provinsi Riau Jhon Armedi Pinem. Sementara Pemerintah Kabupaten Siak diwakili oleh Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah Kabupaten Siak Azrimarman Yohanto. Kegiatan ini juga dihadiri seluruh manajer BSP.(Yan)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Kamparsatu.com - Fakta dan Berita Akurat